Cerdas Memilih Tas Sekolah : Jangan Hanya Keren, Lebih Penting Aman bagi Kesehatan Anak - viennaphotolook
RajaBackLink.com" />

Rabu, 12 Juni 2019

Cerdas Memilih Tas Sekolah : Jangan Hanya Keren, Lebih Penting Aman bagi Kesehatan Anak



Bicara masalah barang bawaan anak ke sekolah, jangan ditanya lagi, ampun deh banyaknya. Untuk belajar di kelas para murid tentu tidak bisa lepas dari berbagai buku pelajaran. Banyak macam buku yang harus disiapkan setiap murid untuk menunjang belajar di kelas. Tidak cukup buku, masih banyak lagi barang yang harus dibawa ke sekolah, seperti bekal makanan, botol minum, alat tulis-menulis, laptop jika diperlukan dan barang lainnya hingga tak ada lagi tempat kosong di tas sekolah. Untuk ukuran anak usia sekolah, membawa barang sebanyak itu tentu perlu menjadi perhatian. Di sinilah peran orang tua untuk bisa memilih tas sekolah anak yang tepat.

Para orang tua sudah seharusnya menyadari bahwa anak usia sekolah merupakan masa pertumbuhan, sehingga banyak faktor bisa berpengaruh pada perkembangan fisik anak. Bisa jadi anak sekolah yang setiap hari membawa tas dengan penuh barang bawaan yang lumayan berat bisa mempengaruhi kesehatan anak. Oleh karenanya para orang tua harus bijak menyikapi masalah ini.

Jika Anda khawatir akibat buruk yang mungkin timbul, mengurangi barang bawaan ke sekolah bagi anak tentu menjadi pilihan yang terbaik. Namun masalahnya apakah hal itu bisa dilakukan, mengingat barang yang dibawa ke sekolah hampir semuanya penting dan diperlukan. Jelas Anda tidak menghendaki proses belajar anak di sekolah menjadi terganggu.

Apa yang bisa Anda lakukan? Untuk kebaikan sang anak, Anda perlu membimbing dan memberi pemahaman kepada anak Anda tentang cara membawa barang ke sekolah yang baik dan benar. Pilihkan tas sebagai sarana untuk membawa berbagai barang bawaan ke sekolah tersebut yang tepat, yang memenuhi berbagai ketentuan jika di pandang dari segi kesehatan. Cegah anak Anda untuk memilih tas sekolah yang sebatas hanya untuk tampil keren, karena jelas tidak ada manfaatnya.

Bagaimana model tas sekolah yang bisa Anda pilih agar segi kesehatan anak tidak terabaikan, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

1. Model tas ransel

Untuk membawa barang yang lumayan banyak atau berat, pilih tas sekolah model ransel, bukan tas selempang bahu. Jika tepat penggunaannya, tas ransel lebih ideal karena membantu mendistribusikan berat barang bawaan ke badan secara merata pada bahu anak.

2. Memiliki tali yang lebar dan empuk

Pilih tas sekolah dengan tali yang agak lebar dan mempunyai busa yang empuk supaya anak merasa nyaman saat membawa tas yang berat. Atur tali dengan tepat. Jangan pilih tas dengan tali yang terbuat dari bahan yang keras karena bisa menimbulkan lecet pada bahu anak.

3. Sesuai dengan ukuran anak

Pilih tas sekolah anak sesuai dengan ukuran badan. Jangan kekecilan juga jangan kebesaran. Tas harus pas pada badan anak karena disesuaikan dengan tubuh yang menopang berat tas. Ketika dibawa, tas harus terasa nyaman di punggung anak.

4. Memiliki sabuk pinggang

Pilih model tas yang memiliki sabuk pinggang, karena hal ini dapat membantu meringankan beban pada punggung anak Anda.

5. Memiliki banyak kantong

Pilih tas sekolah yang memiliki banyak kantong. Selain menjaga barang-barang terorganisir dengan baik, ini juga bisa mendistribusikan berat agar lebih merata. Namanya anak-anak, menaruh barang sering seenaknya saja. Dengan banyak kantong maka akan memudahkan mereka mengatur dan mencari barang di dalam tas.

6. Bahan yang ringan dan kuat

Pilih tas sekolah yang terbuat dari bahan yang ringan namun tahan lama sehingga tidak menambah berat keseluruhan bawaan yang harus dibawa anak. Perhatikan juga kualitas jahitan dan kekuatan benang. Bahan yang disarankan adalah kanvas, poliester dan denim. Untuk tas berbahan kanvas, bahannya cukup tebal dan gampang dibersihkan.

7. Tas beroda atau dorong

Harus diakui anak-anak yang sudah duduk di bangku SMP atau SMA jarang mau menggunakan tas jenis ini. Namun harus disadari tas beroda adalah pilihan tepat kalau isi tas sekolah si anak sangat berat.

Itulah beberapa tips memilih tas sekolah anak yang bisa Anda jadikan panduan. Anda perlu mengetahui bahwa sesuai hasil dari beberapa penelitian, membawa tas sekolah yang lebih dari 10% dari berat anak, dapat menyebabkan sakit di bahu, lengan, dan punggung bagian bawah anak. Dalam jangka panjang, hal ini juga dapat mempengaruhi perkembangan otot anak dan kesehatan tulang punggungnya. Tentu hal ini tidak Anda harapkan bukan?




Tidak ada komentar:

Posting Komentar