7 Aksesoris Olahraga Basket dan Manfaatnya - viennaphotolook
RajaBackLink.com" />

Sabtu, 01 Februari 2020

7 Aksesoris Olahraga Basket dan Manfaatnya

Bagi sebagian orang barangkali menganggap bahwa aksesoris yang dipakai oleh pemain basket hanya sebagai penunjang gaya saja. Lebih dari itu memang aksesoris yang dipakai oleh para atlet basket memiliki banyak pilihan dan variasi warna sehingga menarik untuk dilihat, salah satunya adalah headband Nike,



Aksesoris Olahraga Basket

Aksesoris olahraga basket tidak sekadar sepatu dan jersei saja, melainkan masih banyak yang tentunya memiliki fungsi berbeda-beda. Aksesoris yang dipakai para atlet tersebut tidak sekadar menjadi gaya saja, tetapi juga menunjang performa dalam permainan. Berikut ini adalah beberapa ulasan aksesoris olahraga basket dan manfaatnya.

1. Headband

Pengikat kepala (headband) menjadi salah satu aksesoris olahraga paling populer. Bagi para atlet basket, aksesoris ini berguna untuk mengatur rambut (bagi yang berambut panjang) agar pandangan tidak terhalang saat bermain. Sementara untuk atlet dengan rambut plontos atau cepak, aksesoris ini bermanfaat untuk menyerap keringat. Headband Nike menjadi salah satu brand ternama yang banyak digunakan oleh para atlet.

2. Shooting Arm Sleeve

Shooting arm sleeve banyak dikenakan oleh para atlet basket untuk memudahkan dalam menembak bola. Aksesoris yang satu ini memang dapat menjaga agar otot tetap hangat serta mencegah terjadi luka robek sehingga membuat pemain lebih leluasa dalam bergerak.

3. Kacamata

Kacamata merupakan salah satu aksesoris olahraga basket yang digunakan sejak lama, jauh sebelum era LeBron James atau Atephen Curry di NBA. Kacamata ini berfungsi untuk memperjelas pandangan para atlet yang memiliki kekurangan dalam pengelihatan, terutama bagi pemain yang tidak mau menggunakan kontak lens.

4. Mouthguard

Pelindung gigi (mouthguard) tidak sekadar dipakai pada olahraga tinju, melainkan juga berbagai jenis olahraga lain, termasuk bola basket. Aksesoris yang satu ini berguna untuk melindungi gigi saat terjadi benturan antar pemain.

5. Leg Sleeve

Leg sleeve dan leg pad memiliki fungsi yang sama dengan arm sleeve, khususnya untuk membantu kaki agar lebih leluasa dalam bergerak. Aksesoris yang satu ini dapat membuat otot atlet terasa hangat, menyerap keringat, dan mempercepat pemulihan otot.

Menurut American Journal of Meicine (1987) dan Journal Sports Science, pemakaian sleeve saat berolahraga dapat membantu meningkatkan performa atlet dan mengurangi nyeri saat masa penyembuhan. Pemakaian aksesoris pasca cedera termasuk dalam kategori efek placebo. Istilah medis tersebut memiliki makna sebuah upaya pengobatan dengan memberikan sugesti positif pada pasien agar rasa sakit yang diderita berkurang.

6. Handband

Barangkali, aksesori yang satu ini sudah jarang dipakai oleh para atlet professional, terutama di NBA. Kehadiran arm sleeve telah menggeser keberadaan handband. Handband memiliki fungsi sebagai pengelap atau penyeka keringat saat sedang bermain.

7. Grip Powder

Grip powder serupa bubuk kapur yang bermanfaat untuk mengeraskan telapak tangan, dengan harapan para pemain dapat lebih leluasa bergerak. Grip powder dapat membuat tangan menjadi tidak licin saat memegang bola meskipun keringat membasahi tangan atlet.

Itulah tujuh aksesoris yang dipakai oleh para atlet basket beserta manfaatnya. Pemakaian aksesorisini sudah ada sejak dulu, namun mengalami kemajuan saat Allen Iverson menggunakannya untuk pencegahan pasca cedera. Hal tersebut karena dia mengalami cedera pada bagian siku, tahun 2000 silam. Hingga sekarang, banyak aksesoris yang mulai naik daun, salah satunya handband Nike.

Ulasan di atas dapat menjadi salah satu referensi Anda dalam mencari atau membeli aksesoris tersebut. Pilihlah aksesoris yang memang Anda butuhkan dan pastinya nyaman dikenakan ya! 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar