Gigi Transmisi Mobil Manual Susah Masuk? Cek Penyebabnya di Sini! - viennaphotolook
RajaBackLink.com" />

Senin, 07 September 2020

Gigi Transmisi Mobil Manual Susah Masuk? Cek Penyebabnya di Sini!


Apakah Anda mengemudikan mobil manual? Kalau iya, besar kemungkinan Anda pernah mengalami gigi transmisi yang sulit masuk, bukan? Masalah tersebut ternyata bisa dipicu oleh beberapa alasan. Jadi, kenali baik-baik apa penyebabnya agar Anda tahu cara tepat untuk mengatasinya agar asuransi mobil terbaik yang sudah Anda beli jadi tidak terbuang sia-sia.

1. Kopling belum sepenuhnya terlepas

Rupanya, gigi transmisi yang sulit masuk pada mobil manual bisa jadi dikarenakan adanya komponen kopling yang belum disetel dengan tepat, atau ada kebocoran di sistem hidrolik kopling kendaraan Anda. Efeknya, kopling jadi tidak bisa terlepas sepenuhnya sebagaimana seharusnya dan gigi transmisi mobil Anda jadi “nyangkut”.

2. Ada masalah pada kondisi garpu pemindah gigi 

 
Shift fork alias garpu pemindah gigi jelas merupakan salah satu komponen penting yang menunjang fungsi gigi transmisi kendaraan Anda. Karenanya, jika garpu pemindah gigi mengalami masalah seperti longgar, retak, dan aus, synchronizer pun tidak bisa bergerak dengan semestinya, yang berarti mempersulit perpindahan gigi transmisi, atau malah membuat gigi jadi tidak bisa masuk sama sekali.

3. Kondisi synchronizer 

 
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, masalah pada garpu pemindah gigi dapat mengganggu kinerja synchronizer, yang mana bisa berdampak pada pergerakan gigi transmisi mobil manual. Dengan demikian, jika terdapat masalah pada synchronizer, pastinya bisa membuat gigi transmisi malah sulit masuk. Biasanya, masalah yang umum dialami oleh synchronizer ini adalah kondisi yang sudah aus, yang mengakibatkan ring tidak mampu menyesuaikan kecepatan gear sehingga pergantian gigi pun jadi sulit dilakukan.

4. Pelumasan yang tidak optimal

Saat ini, mayoritas mobil transmisi manual dibuat dengan synchronizer ring berlapiskan material yang terbuat dari bahan khusus. Nah, pelapis tersebut memerlukan pelumasan yang baik dan optimal agar dapat digunakan dengan sempurna. Oleh karena itu, jika pelumasan tidak terjadi dengan baik, maka pelapis pada synchronizer ring tersebut dapat terganggu kinerjanya, yang tentunya akan memengaruhi kinerja gigi transmisi juga.

5. Input atau main shaft geser atau kendor

Komponen input atau main shaft yang posisinya tidak pas sebagaimana mestinya bisa menyebabkan posisi gear menjadi tidak lurus dengan synchronizer. Dampaknya, pergantian gigi pun jadi sulit untuk dilakukan bahkan gigi transmisi jadi tidak bisa dipindahkan sama sekali.

Itulah beberapa alasan yang dapat memengaruhi gigi transmisi yang sulit masuk pada mobil manual. Apabila Anda mengalaminya, tapi tidak yakin apa masalahnya, maka segera hubungi bengkel resmi terdekat untuk mendapatkan bantuan mekanik secepat mungkin. Dengan begitu, masalah pada mobil Anda bisa segera diatasi dan kendaraan pun bisa kembali Anda gunakan untuk beraktivitas seperti biasanya. 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar