AC Anda Tidak Terasa Dingin? Mungkin 6 Hal Ini Penyebabnya! - viennaphotolook
RajaBackLink.com" />

Sabtu, 09 Januari 2021

AC Anda Tidak Terasa Dingin? Mungkin 6 Hal Ini Penyebabnya!

 



Pernahkah Anda mengalami masalah di mana AC floor standing single split yang digunakan tidak dingin padahal tidak ada yang rusak? Ya, masalah seperti ini memang bisa membuat gelisah terutama selama musim panas karena tubuh akan merasakan panas yang teramat. Meskipun begitu, tahukah Anda, ada banyak alasan mengapa pendingin udara yang digunakan tidak dapat mendinginkan ruangan, berikut di antaranya : 


1. Filter kotor

Filter AC yang kotor atau tersumbat debu dan kotoran dapat menimbulkan berbagai masalah karena kotoran di filter AC tersebut menghalangi jalannya udara dingin di dalam saluran. Hal ini juga bisa menyebabkan coil evaporator membeku, sehingga menghalangi udara dingin yang keluar. Solusinya, Anda disarankan untuk membersihkan bagian filter AC secara rutin. Dengan begitu, kotoran-kotoran yang menumpuk dapat dibersihkan dengan baik dan tidak menghambat keluarnya udara dingin yang dihasilkan AC.

2. Salah pengaturan termostat

Anda perlu memeriksa cara kerja termostat AC, contoh mudahnya ketika Anda memiliki kondisi ruangan normal dengan suhu 23 derajat celcius kemudian suhu termostat diatur dalam suhu 26 derajat celcius. Tentu saja, hal ini akan membuat ruangan tidak dingin bahkan menjadi lebih panas karena pengaturan suhu yang lebih tinggi dibanding suhu normal ruangan. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya Anda mengatur AC melalui remote dengan setting cool. Dengan demikian, penggunaan AC tentu bisa menjadi lebih efektif dan tepat.

3. Kondensor dan evaporator yang kotor

Seperti halnya filter, kondensor yang kotor juga dapat menghambat sistem kerja AC. Kondensor ini biasanya diletakkan di luar dengan tujuan untuk memanaskan gas refrigerant atau freon pada suhu tertentu. Ada baiknya untuk membersihkan kondensor ini secara rutin, begitupun bagian dalamnya yang biasanya menyerap panas dari udara di sekitar Anda dan mentransfernya ke unit AC luar. Jika komponen ini kotor maka akan menghambat kinerja AC yang digunakan.

4. Refrigerant bocor

Refrigerant adalah cairan penting yang menyerap panas dari udara di sekitarnya. Jika cairan ini habis atau bocor, maka besar kemungkinan akan menyebabkan AC Anda tidak dingin. Lakukan servis AC Anda secara berkala untuk mencegah masalah ini.

5. Kompresor rusak

Kompresor merupakan salah satu komponen paling penting pada AC karena fungsinya untuk mengatur aliran refrigerant antara evaporator dan kondensor. Oleh karena itu, kondensor yang rusak tidak dapat mendinginkan udara dengan cukup baik dan perlu untuk diganti.

6. Mesin rusak

Jika mesin rusak, kondensor tidak akan bisa menghilangkan panas sehingga mengganggu kinerja AC untuk mendinginkan ruangan. Solusi terbaik adalah memanggil teknisi untuk memperbaiki mesin yang rusak sehingga AC dapat bekerja secara normal.

Itulah dia beberapa penyebab yang membuat AC tidak dingin saat digunakan. Semoga artikelnya bermanfaat! 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar